Tim Voli Putri Targetkan Masuk 4 Besar di Asian Para Games 2018

19 Feb 2018

Tim putri bola voli duduk National Paralympic Committe (NPC) Indonesia telah menjalani pelatnas agar siap bersaing dengan negara-negara Asia dalam ajang Asian Para Games (APG) 2018 mendatang.

“Cabang olahraga voli duduk NPC Indonesia hanya mengirimkan tim putrinya untuk mempersiapkan diri mengikuti APG tahun ini,” kata Pelatih Nasional Voli NPC Indonesia, Ahmad Suparto.

Ahmad menjelaskan bahwa 12 atlet tim putri voli tersebut akan mendapat banyak materi dari pelatih. Materi yang disampaikan yakni terkait keterampilan bermain. “Kami pada program tahap awal pelatnas masih dilakukan persiapan umum antara lain peningkatan fisik dan ditambah teknik, tetapi belum pengarahan ke spesialisasinya,” kata Ahmad seperti dikutip sports.okezone.com (3/2/2018).

“Pelatnas program latihan dilakukan pagi dan sore setiap hari, sedangkan khusus Selasa melakukan fitness untuk membentuk otot-otot pemain dan meningkatkan kekuatan fisiknya,” lanjut Ahmad.

Ahmad mengatakan bahwa kondisi venue di Gedung Olahraga Baturan bagus dan sangat memadai. Dengan kondisi ini, 12 atlet voli khusus putri itu pun semakin semangat berlatih. Ahmad menjelaskan bahwa pada ajang APG tahun ini, Indonesia tidak mengirim tim putranya untuk cabang olahraga voli duduk. Indonesia hanya mempersiapkan tim putri yang terdiri dari 12 atlet.

Meski begitu, Ahmad optimis tim voli putri bisa mendapatkan hasil yang apik di ajang tersebut. Sebab, semua tim yang berasal dari berbagai negara di Asia memiliki peluang yang sama untuk menjadi yang terbaik. Terlebih, lawan yang akan dihadapi tidak terlalu berat sehingga dianggap memiliki peluang yang sama, termasuk tuan rumah Indonesia.

“Saya yakin negara lain juga memikirkan kualitas pemain tuan rumah. Pada APG tahun ini, Indonesia menargetkan bisa masuk empat besar sudah bagus, tetapi diharapkan bisa lebih baik di atasnya,” kata Ahmad.

Ahmad menjelaskan bahwa pada ASEAN Para Games 2017 di Malaysia, Indonesia tidak mengirim tim voli putri. Namun, dua tahun yang lalu di Myanmar, Indonesia mengirimkan tim voli putri dan berhasil merebut emas. “Kami pada ASEAN Para Games 2016 Myanmar berhasil juara satu,” katanya.

Hasil itu pun diharapkan dapat kembali diraih para atlet voli putri Indonesia. Mereka pun terus memantau kekuatan tim lawan, terlebih bagi negara-negara yang memiliki pengalaman lebih banyak seperti China, Jepang, dan Iran.